Pernikahan Antara Kedua Kera di India



Upacara pernikahan layaknya dilakukan oleh sepasang manusia yang sudah saling mencintai satu sama lainnya. Namun berbeda yang terjadi di India , tepatnya di desa Banetha , barat  laut negara bagian Rajasthan sepasang kera di kawinkan dalam upacara pernikahan oleh seorang imam.
Pengantin pria (atau lebih tepat disebut jantan) adalah seekor kera jantan yang dirawat oleh Ramesh Saini seorang pengendara becak. Kera jantan ini bernama Raju. Raju sudah dianggap seperti anaknya sendiri karena  Ramesh sendiri tidak dikarunia anak. Sedangkan pengantin perempuannya (betina) adalah kera yang bernama Chinki yang merupakan kera peliharaan imam di desa terdekat. 

Seperti layaknya akan menikah anak, upacara pernikahan pun dilakukan dengan besar-besaran. Ratusan kartu undangan pernikahan dikirim ke desa-desa terdekat. Direncanakan sesuai dengan kebiasaan tradisional Hindu yang meliputi tujuh putaran dari api suci dan sumpah pernikahan yang dibacakan oleh seorang imam. Pernikahan pun digelar di desa Talwas jauh didalam hutan Rajasthan.
Kera sendiri dianggap sebagai mahluk suci dalam mitologi kepercayaan Hindu yang dianggap sebagai jelmaan Hanoman.

Pernikahan antara kedua kera ini sempat menuai tindakan pelarangan dari pemerintah setempat yang memiliki aturan bahwa kera sebagai binatang yang dilindungi dan dianggap merupakan milik dari pemerintah. Saat hari pernikahan datang sebanyak 200 petugas datang ke Talwas untuk menggagalkan pernikahan tersebut dan mengusir para pengunjung yang ingin menyaksikan. Sempat adanya ketegangan sehingga kedua kera dan pemiliknya bersembunyi dari kejaran petugas.

Tak lama kemudian ternyata pasangan kera ini telah dinikahkan dalam upacara lengkap di dalam hutan. Alhasil seluruh pengunjung bersuka cita bahkan pejabat hutan pun turut larut dalam kegembiraan itu. Sang pengantin betina , Chinki terlihat memakai tanda Vermillion, tanda pada dahi yang  dikenakan oleh wanita Hindu  yang sudah menikah.

Kedua kera itu  ditangkap dan pejabat mengatakan mereka akan  membebaskan mereka segera di hutan terdekat. Lain dengan Ramesh yang memiliki keyakinan kuat bahwa sang anak , Raju beserta istrinya Chinki akan kembali datang kerumahnya dan berniat untuk membuatkan pesta resepsi besar-besaran.

http://www.bagusjuga.com/2011/08/aneh-tapi-nyata-pernikahan-antara-kedua-kera-di-india/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...